Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Asik Ada Wisata Baru nih,Praja IPDN survey 'Hidden Gem' nya Desa Cileunca

Asik Ada Wisata Baru nih,Praja IPDN survey 'Hidden Gem' nya Desa Cileunca

Cileunca, 14 September 2023 - Pagi ini Praja Institut Dalam Negeri (IPDN) ditemani Bu Kiki yakni salah seorang perangkat Desa Cileunca melakukan survey terkait proyek pembangunan wisata kolam renang di desa tersebut. Mereka mengumpulkan data mengenai perkembangan konstruksi, estimasi waktu penyelesaian, dan dampak sosial-ekonomi yang mungkin timbul setelah kolam renang selesai dibangun. Ini merupakan upaya Praja untuk mendukung pengembangan pariwisata lokal dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat desa.

Menurut informasi yang didapat Praja dari hasil wawancara bersama Pak Apoy yakni seorang arsitektur sekaligus mandor dan pekerja di proyek tersebut, pembangunan objek wisata ini diperkirakan akan selesai lebaran idul fitri tahun depan dan akan menghabiskan anggaran kurang lebih 3,5 Miliyar. Proyek ini sendiri merupakan milik seorang Direktur PLN Indonesia yang mulai dibangun awal tahun 2021 silam. 

Wawancara selanjutnya dilakukan Praja bersama Pak Kepoh salah seorang pekerja proyek tersebut beliau menginformasikan bahwa total luas pembangunan objek wisata mencapai delapan hekter persegi, sumber airnya sendiri dari sumber mata air alami di Desa Cileunca.

"Kalau untuk progres kerjanya ya paling baru 40%, nanti kalau sudah selesai untuk tenaga kerja di wisata ini rencana mau narik anak-anak muda Desa Cileunca yang baru lulus sekolah itu biar mereka ada pekerjaan, tidak pengangguran. Tapi ya mungkin kendalanya anak muda ini biasanya baru kerja sedikit sudah nanyain upah, kalau kata saya mah kerja ini yang penting dapat ilmunya dulu, kalau masalah upah itu rejeki sudah ada yang mengatur, tapi kalau ilmu yang didapat insyaAllah itu bisa jadi bekal untuk kita kedepannya dan untuk orang lain yang kita bagikan ilmunya",Ujar Pak Kepoh.

Proyek pembangunan wisata ini merupakan yang pertama di Desa Cileunca dan saat ini menjadi satu-satunya objek wisata di Desa Cileunca. Dampak sosial ekonomi dari pembangunan proyek ini selain menyerap tenaga kerja desa juga menambah pendapatan warga setempat melalui perdagangan dan parkiran. Warga masyarakat setempat berharap dengan adanya objek wisata ini dapat membantu perekonomian warga serta proses pengembangan desa setempat untuk lebih maju kedepannya.

Komentar

https://skdjht3eigjsfdgfddf.co
Rabu, 15 November 2023 02:30

I was able to find good info from your blog articles.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *