Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

"Praja IPDN ikut serta dalam Musyawarah Pemerintah Desa dan Para Petani: Solusi Bersama untuk Masalah Pertanian"

Cileunca, 8 September 2023 - Pemerintah Desa Cileunca mengadakan musyawarah terbuka bersama para petani bertempat di Gor Desa Cileunca dalam rangka mencari solusi terkait permasalahan pertanian yang terjadi di Desa Cileunca. Praja IPDN pun turut dilibatkan dalam musyawarah tersebut.

Permasalahan utama yang dibahas adalah penurunan hasil panen dalam beberapa bulan terakhir akibat musim kemarau yang tak kunjung usai. Petani merasa perlu untuk mencari solusi bersama agar pertanian di desa mereka dapat pulih dan berkelanjutan.

Dalam musyawarah tersebut, para petani dan pemerintah desa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka terkait solusi permasalahan perairan yang ada di Desa Cileunca melalui revitalisasi, mereka juga mengusulkan agar ketua Gapoktan segera ditentukan agar koordinasi Pemdes dengan para petani dapat berjalan dengan efektif.

Selain itu, mereka juga membahas tentang rencana kerjasama Desa Cileunca dengan perusahaan ayam yang ada di Desa Kertasari yang nantinya akan memanfaatkan sumber perairan sungai Desa Cileunca. Kerjasama tersebut nantinya akan bermanfaat bagi pendapatan asli Desa Cileunca.

Musyawarah tersebut berjalan dengan penuh semangat dan gotong royong. Kesimpulan dari musyawarah tersebut diantaranya diharapkan kontribusi dari revitalisasi terhadap drainase dan irigasi dapat maksimal, sedang dilakukan pendataan hak kepemilikan sawah dan akan diperhitungkan pembagian hak milik, sedang di ajukan kontribusi berkelanjutan untuk daerah, sedang diajukan kompensasi antara pengguna air dengan pihak bukan orang Desa Cileunca, diharapkan dengan adanya revitalisasi saat ada pengerjaan minimal 50% pekerja dari daerah Desa Cileunca yang memenuhi standar dan kualifikasi sehingga akan menghasilkan simbiosis mutualisme.

Petani di Desa Cileunca berharap bahwa melalui kerja sama mereka, mereka dapat mengatasi permasalahan pertanian dan meningkatkan kesejahteraan mereka serta masyarakat desa secara keseluruhan.

 

Editor : Praja IPDN

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *