Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Asik Ada Wisata Baru nih,Praja IPDN survey 'Hidden Gem' nya Desa Cileunca

Cileunca, 14 September 2023 - Pagi ini Praja Institut Dalam Negeri (IPDN) ditemani Bu Kiki yakni salah seorang perangkat Desa Cileunca melakukan survey terkait proyek pembangunan wisata kolam renang di desa tersebut. Mereka mengumpulkan data mengenai perkembangan konstruksi, estimasi waktu penyelesaian, dan dampak sosial-ekonomi yang mungkin timbul setelah kolam renang selesai dibangun. Ini merupakan upaya Praja untuk mendukung pengembangan pariwisata lokal dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat desa. Menurut informasi yang didapat Praja dari hasil wawancara bersama Pak Apoy yakni seorang arsitektur sekaligus mandor dan pekerja di proyek tersebut, pembangunan objek wisata ini diperkirakan akan selesai lebaran idul fitri tahun depan dan akan menghabiskan anggaran kurang lebih 3,5 Miliyar. Proyek ini sendiri merupakan milik seorang Direktur PLN Indonesia yang mulai dibangun awal tahun 2021 silam.  Wawancara selanjutnya dilakukan Praja bersama Pak Kepoh salah seorang pekerja proyek tersebut beliau menginformasikan bahwa total luas pembangunan objek wisata mencapai delapan hekter persegi, sumber airnya sendiri dari sumber mata air alami di Desa Cileunca. "Kalau untuk progres kerjanya ya paling baru 40%, nanti kalau sudah selesai untuk tenaga kerja di wisata ini rencana mau narik anak-anak muda Desa Cileunca yang baru lulus sekolah itu biar mereka ada pekerjaan, tidak pengangguran. Tapi ya mungkin kendalanya anak muda ini biasanya baru kerja sedikit sudah nanyain upah, kalau kata saya mah kerja ini yang penting dapat ilmunya dulu, kalau masalah upah itu rejeki sudah ada yang mengatur, tapi kalau ilmu yang didapat insyaAllah itu bisa jadi bekal untuk kita kedepannya dan untuk orang lain yang kita bagikan ilmunya",Ujar Pak Kepoh. Proyek pembangunan wisata ini merupakan yang pertama di Desa Cileunca dan saat ini menjadi satu-satunya objek wisata di Desa Cileunca. Dampak sosial ekonomi dari pembangunan proyek ini selain menyerap tenaga kerja desa juga menambah pendapatan warga setempat melalui perdagangan dan parkiran. Warga masyarakat setempat berharap dengan adanya objek wisata ini dapat membantu perekonomian warga serta proses pengembangan desa setempat untuk lebih maju kedepannya.

Praja IPDN serbu posyandu Desa Cileunca !!!

Cileunca, 12 September 2023 - Hari ini, tujuh orang praja dari IPDN melakukan kunjungan ke Posyandu Desa Cileunca. Mereka tengah melaksanakan kegiatan Bakti Karya Praja (BKP) sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi warga desa dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan. Dalam kunjungan tersebut, para praja ini berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang sedang berlangsung di Posyandu. Mereka membantu petugas Posyandu dalam pelayanan kesehatan kepada ibu hamil, balita, dan warga yang membutuhkan. Selain itu, mereka juga memberikan edukasi tentang pola makan sehat, perawatan bayi, dan pentingnya imunisasi kepada warga desa. Selama beberapa jam, para praja ini menjalani aktivitas yang cukup padat di Posyandu. Mereka turut membantu dalam pengukuran tinggi dan berat badan bayi, serta memberikan makanan tambahan kepada balita yang membutuhkan. Selain itu, mereka juga melibatkan warga desa dalam sesi diskusi tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga. Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari warga desa Cileunca. Mereka sangat mengapresiasi kehadiran para praja yang dengan sukarela memberikan waktu dan tenaga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semangat kebersamaan dan gotong royong pun terasa kuat selama kunjungan ini, meninggalkan kesan positif bagi kedua belah pihak. Para praja berharap bahwa kunjungan ini dapat menjadi awal dari kerjasama yang berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Cileunca.   Editor : Praja IPDN

Breaking News!!! Praja IPDN bersilaturahmi dan memberikan motivasi pada Siswa-Siswi SD SMP Desa Cileunca

Cileunca, 11 September 2023 - Dalam kunjungan yang penuh semangat, Praja IPDN mengunjungi sekolah SDN 1 Cileunca dan SMPN SATAP TERPADU Cileunca yang merupakan sekolah satu atap dengan jumlah total keseluruhan murid sd smp nya sebanyak 511 orang. Kunjungan Praja IPDN di dampingi oleh Kepala Desa Cileunca dengan tujuan silaturahmi serta memperkuat pendidikan dan memberikan inspirasi kepada siswa-siswi muda. Kunjungan ini membawa harapan dan peluang baru bagi masa depan mereka. Dengan senyum yang tulus, Praja IPDN memulai kunjungannya dengan berdialog terlebih dahulu bersama Kepala sekolah untuk mengulik lebih dalam terkait sekolah tersebut. Kegiatan dilanjutkan dengan para Praja mengikuti upacara pagi bersama siswa-siswi dan guru SMPN Satap Terpadu Cileunca dengan khidmat. Kegiatan di lanjutkan dengan mengadakan sesi interaksi dengan Murid sekolah. Mereka berbagi cerita inspiratif tentang perjalanan pendidikan mereka dan memberikan nasihat tentang pentingnya belajar dan berusaha keras untuk mencapai impian. Kunjungan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi siswa-siswi sekolah, tetapi juga menginspirasi Praja IPDN untuk terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan di daerah mereka. Mereka telah membawa semangat pembelajaran, keberanian, dan harapan kepada sekolah ini, dan berharap bahwa kolaborasi yang berharga ini akan berlanjut dalam waktu yang akan datang.   Editor : Nagita Amadea Haryu (Praja IPDN)

"Semangat Pagi Praja IPDN Bersama Ibu-Ibu: Senam Sehat untuk Tubuh Sehat"

Cileunca, 10 September 2023 - Pagi minggu yang cerah di Desa Cileunca selalu dimulai dengan semangat tinggi. Setiap hari minggu, ibu-ibu hebat berkumpul di gor Desa Cileunca untuk menjalani rutinitas senam pagi bersama. Senam pagi ini bukan hanya tentang menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga memperkuat ikatan sosial mereka. Pukul 8 pagi, Gor mulai ramai oleh suara tawa dan semangat ibu-ibu beserta praja IPDN yang sudah berkumpul. Mereka membentuk lingkaran yang kompak, siap untuk memulai aktivitas fisik yang menyehatkan ini. Senam pagi bersama adalah momen istimewa bagi mereka untuk bersosialisasi, berbagi cerita, dan mendukung satu sama lain. Selama dua jam penuh, Praja IPDN bersama ibu-ibu mengikuti gerakan senam yang dipandu oleh seorang instruktur yang berpengalaman. Gerakan-gerakan ini dirancang untuk meningkatkan kebugaran, kelenturan, dan kekuatan tubuh. Sambil bergerak, mereka tertawa, berbicara, dan saling mendukung, menciptakan atmosfer yang positif dan penuh semangat. Kegiatan ini bukan hanya tentang senam, tetapi juga tentang menciptakan komunitas yang kuat di kalangan ibu-ibu di Desa Cileunca. Ini adalah bukti nyata bahwa aktivitas fisik dapat menjadi jembatan untuk memperkuat ikatan sosial dan mempromosikan kesehatan di tengah-tengah komunitas.   Editor : Nagita Amadea Haryu (Praja IPDN)

"Praja IPDN ikut serta dalam Musyawarah Pemerintah Desa dan Para Petani: Solusi Bersama untuk Masalah Pertanian"

Cileunca, 8 September 2023 - Pemerintah Desa Cileunca mengadakan musyawarah terbuka bersama para petani bertempat di Gor Desa Cileunca dalam rangka mencari solusi terkait permasalahan pertanian yang terjadi di Desa Cileunca. Praja IPDN pun turut dilibatkan dalam musyawarah tersebut. Permasalahan utama yang dibahas adalah penurunan hasil panen dalam beberapa bulan terakhir akibat musim kemarau yang tak kunjung usai. Petani merasa perlu untuk mencari solusi bersama agar pertanian di desa mereka dapat pulih dan berkelanjutan. Dalam musyawarah tersebut, para petani dan pemerintah desa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka terkait solusi permasalahan perairan yang ada di Desa Cileunca melalui revitalisasi, mereka juga mengusulkan agar ketua Gapoktan segera ditentukan agar koordinasi Pemdes dengan para petani dapat berjalan dengan efektif. Selain itu, mereka juga membahas tentang rencana kerjasama Desa Cileunca dengan perusahaan ayam yang ada di Desa Kertasari yang nantinya akan memanfaatkan sumber perairan sungai Desa Cileunca. Kerjasama tersebut nantinya akan bermanfaat bagi pendapatan asli Desa Cileunca. Musyawarah tersebut berjalan dengan penuh semangat dan gotong royong. Kesimpulan dari musyawarah tersebut diantaranya diharapkan kontribusi dari revitalisasi terhadap drainase dan irigasi dapat maksimal, sedang dilakukan pendataan hak kepemilikan sawah dan akan diperhitungkan pembagian hak milik, sedang di ajukan kontribusi berkelanjutan untuk daerah, sedang diajukan kompensasi antara pengguna air dengan pihak bukan orang Desa Cileunca, diharapkan dengan adanya revitalisasi saat ada pengerjaan minimal 50% pekerja dari daerah Desa Cileunca yang memenuhi standar dan kualifikasi sehingga akan menghasilkan simbiosis mutualisme. Petani di Desa Cileunca berharap bahwa melalui kerja sama mereka, mereka dapat mengatasi permasalahan pertanian dan meningkatkan kesejahteraan mereka serta masyarakat desa secara keseluruhan.   Editor : Praja IPDN